STNK

Perpanjangan STNK 5 Tahunan Sepeda Motor di Samsat Kabupaten Bogor

Membayar pajak merupakan kewajiban setiap warga negara. Pajak perpanjangan STNK merupakan salah satu pajak yang wajib dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua atau lebih. Pajak kendaraan bermotor sendiri umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Perpanjangan STNK
yang biasa kita lakukan setiap setahun sekali dan penggantian plat nomor yang biasa kita setiap lima tahun sekali.
Seringkali kita malas untuk mengurus pembayaran pajak ini sendiri dan lebih memilih menitipkan pada orang lain karena birokrasi yang ribet saat melakukan pembayaran. Sebenarnya hal tersebut tidak benar. Kita merasa ribet sebenarnya karena kita tidak tahu bagaimana cara pembayarannya??? Kita tidak tahu bagaimana alur pembayarannya??? Oleh karena itu, pada tulisan ini akan coba disampaikan bagaimana alur pembayaran pajak kendaraan bermotor kita, khususnya untuk penggantian plat nomor yang lima tahun sekali. Berikut adalah penjelasannya:

1. Perpanjangan STNK
Perpanjangan STNK yang setahun sekali ini jauh lebih mudah dibandingan dengan pembayaran plat nomor kendaraan yang 5 tahun sekali. Perpanjangan STNK ini dapat dilakukan dibeberapa tempat, yaitu di kantor Samsat Bersama Kabupaten Bogor yang letaknya di belakang Pemda Kabupaten Bogor, di Samsat keliling yang tempatnya berubah – ubah, dan yang terakhir adalah di samsat online yang tempatnya di ITC Cibinong. Kalau saran saya, sebaiknya anda membayarnya di Samsat online di ITC Cibinong. Karena, selain tempatnya yang nyaman juga prosesnya yang cepat dan santai. Proses perpanjangan STNK di Samsat online di ITC Cibinong:
a. Siapkan STNK kendaraan bermotor dan kartu idenditas penduduk (KTP) pemilik kendaraan bermotor
b. Langsung ke loket pendaftaran dan mendaftar
c. Tunggu selama 10 sampai 15 menit di tempat tunggu
d. Nama anda dipanggil untuk membayar perpanjangan sekaligus mengambil STNK anda yang baru di loket pembayaran
e. Proses perpanjangan STNK selesai anda lakukan

2. Penggantian plat nomor
Penggantian plat nomor kendaraan lebih rumit dilakukan dibandingkan dengan perpanjangan STNK. Hal ini karena proses perpanjangan plat nomor hanya dapat di lakukan di Kantor Samsat Bersama Kabupaten Bogor yang ada di belakang Pemda Bogor. Berikut adalah prosesnya:
a. Siapkan STNK, kartu tanda penduduk (KTP) pemilik kendaraan, dan BPKB kendaraan anda
b. Fotopi ketiganya sebanayk dua rangkap. Namun disarankan, anda sebauknya memfotokopi di tempat fotokopi yang ada di kantor samsat. Mereka akan juga menyediakan map dan menyusunkan fotokopi – fotokopi tadi di Map tersebut, Biayanya kalau total hanya 5000 saja.
c. Cek mesin kendaraan. Kegiatan cek mesin ini biasa disebut juga dengan kegiatan “gesek mesin” karena memang kegiatannya hanya menggesek mesin saja. Tempat cek mesin berada di tedekat tempat parker motor. Prosesnya sangat cepat, hanya 10 menit. Anda hanya cukup memberikan satu rangkap fotokopi BPKB kendaraan anda dan map anda serta membayar biaya cek mesin sebesar 5000 rupiah. Setelah di cek mesin, petugas akan menyantumkan form pengesahan cek mesin di map anda untuk anda stempel nantinya.
d. Stempel form pengesahan cek mesin. Kegiatan ini juga cukup cepat, hanya 10 menit. Tempatnya berada di loket 3 (Pengesahan hasil cek fisik). Yang perlu anda lakukan hanya menyodorkan map anda kepada petugas yang ada dan menunggu sebentar. Setelah beberapa menit, petugas akan segera mengembalikan map anda yang sudah di stempel. Disini tidak kenai biaya.
e. Pengambilan arsip kendaraan bermotor. Pengambilan arsip ini cukup lama juga karena petugas harus mengambilnya di gudang penyimpanan arsip. Proses bisa berlangsung selama 10 – 30 menit, tergantung banyaknya pemohon. Tempat pengambilan arsip berada di samping tempat fotokopi. Yang perlu anda lakukan adalah menyerahkan map anda kepada petugas. Kemudian petugas akan mencarikan arsip anda. Disini juga tidak dikenai biaya.
f. Pengambilan forn pendaftaran. Kegiatan ini agak lama karena and harus antri. Yang perlu anda lakukan adalah: Mengantri di loket pengambilan form pendaftaran yang letaknya di sisi sebelah kiri Samsat. Tempat pengambilan form pendaftaran ada dua loket, loket sebelah kiri dan loket sebelah kanan. Pada loket sebelah kiri, masukan map anda kepada petugas dan bilang kalau anda ingin mengganti plat nomor anda. Permohonan anda akan didata oleh petugas, dan petugas akan menempelkan nomor pendaftaran di map anda, kemudian anda akan diminta ke loket sebelah kanan untuk mengambil form pendaftarannya. Namun, sebelum anda mengambil form pendaftaran. Sekali lagi anda harus menyerahkan map anda kepada petugas, selain itu anda juga nanti akan diminta untuk memperlihatkan BPKB anda. Akhirnya petugas akan memberikan form pendaftaran kepada anda.
g. Pengisian form pendaftaran. Kegiatan ini bisa dibilanga agak ribet, namun itu hanya bagi yang belum pernah mengisi form ini, Namun tenang saja, karena semua informasi yang dibutuhkan untuk mengisi formulir ini ada di dalam STNK anda. Bila anda kesulitan, anda dapat meminta bantuan jasa pengisian formulir yang ada dimana – mana di samsat. Namun kalau itu anda lakukan, anda harus memberikan insentif kepada mereka. Maka, sebaiknya anda mengisi sendiri saja.
h. Pemasukan form pendaftaran. Kegiatan ini di lakukan di dalam kantor samsat. Yaitu di loket pendaftara. Didalam kantor samsat ini berjejer beberapa loket. Dari kiri ke kanan, loket pemasukan formulir, loket pengentrian data, loket pembayaran, dan loket pengambilan STNK. Yang perlu anda lakukan adalah memasukan map anda kepada petugas di loket pemasukan formulir yang ada di ujung sebelah kiri. Nanti anda akan diberikan no antrian. Setelah itu anda harus menungg beberapa saat.
i. Pembayaran. Pembayaran dilakukan diloket pembayaran. Terdapat tandanya kok. Anda dapat membayar jika nama anda sudah dipanggil oleh petugas. Saat anda membayar, anda akan diminta memperlihatkan nomor antrian anda. Setelah anda membayar lunas, maka no antrian anda akan diberi cap lunas oleh petugas. Setelah membayar, anda harus menunggu di depan loket pengambilan STNK.
j. Pengambilan STNK. Pengambilan STNK dilakukan di loket pengambilan STNK yang letaknya disebelah kanan loket pembayaran. Anda dapat mengambil STNK setelah nama anda dipanggil oleh petugas. Namun kembali lagi, sebelum anda mengambil STNK anda harus menyerahkan no antrian anda yang sudah di cap lunas. Dan anda pun akhirnya mendapatkan STNK yang baru. Namun anda belum bisa mendapatkan plat nomor kendaraan yang baru, karena baru akan jadi 1 – 2 bulan lagi. Saat itu, anda harus dating kembali ke samsat ke loket pengambilan plat nomor. Anda tinggal memperlihatkan STNK anda dan petugas akan memberikan plat nomor kendaraan anda yang baru.
k. Selesailah proses penggantian plat nomor kendaraan anda

Hanya sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangannya, semoga bermanfaat….

Bogor, 18 Agustus 2011 By Arya Widura R.

About these ads