Hai – hai,..!! Ternyata diam itu mempunyai beberapa keutamaan lhoo! Pada mau tau gaa? Hehe….

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Diam:

1. Diam adalah perhiasan yang tidak ternilai harganya

Ya, benar. Karena diam itu “emas”. Emas merupakan perhiasan yang sangat tingi nilainya. Emas adalah sebuah logam mulia. Lalu, apa kaitannya dengan kita sebagi manusia yah???? Hmm,,,, begini maksudnya, orang – orang yang memakai perhiasan, khususnya dari logam mulia ini, biasanya akan terlihat lebih menarik dan hebat. Begitu juga dengan orang yang suka diam. Tidak bisa kita pungkiri bersama, bahwa orang yang diam akan lebih terlihat bijaksana dan berwibawa alias “Cool” kalau kata bahasanya anak muda zaman sekarang mah (hehe… sok masih anak muda aja yah..??). Kalau masih belum percaya, coba deh mulai sekarang menjadi orang yang berbicara seperlunya saja, insya Allah akan terlihat lebih berwibawa.

2. Diam adalah senjata yang paling hebat yang pernah diciptakan

Apakah ada yang tahu, hal apa yang biasanya membuat terjadinya kerusuhan, pertengkaran, atau keributan lainnya???? Ya, benar. Jawabannya adalah mulut. Biasanya, terjadinya kerusuhan dan keributan yang lainnya dimulai dari ledek – ledekan, yang akhirnya berujung pada dendam dan kekerasan. Tawuran antar sekolah terjadi karena ledek – ledekan anatar pelajar sekolah. Kasus antara suku di Indonesia yang terjadi karena pertengkaran – pertengkaran kecil. Yah, pokoknya sering kali terjadinya keributan terjadi karena kita tidak dapat mengendalikan mulut kita. Bahkan ada peribahasa yang mirip dengan hal tersebut: “Mulutmu adalah Harimaumu” dimana kalau kita tidak bisa menjaga dan merawatnya maka mulut kita lah yang akan menerkam diri kita sendiri.

3. Diam adalah jurus belajar yang baik

Lho kok bisa begitu yah..??? hal ini dapat terjadi karena kalau kita diam biasanya kita akan lebih mudah untuk mau mendengar. Dan kalau kita mau dan mudah untuk mendengarkan biasanya kita lebih mudah untuk menyerap ilmu pengetahuan. Apa yang tahu ilmu “cangkir” dalam menuntut ilmu???? Hayo – hayo ada yang tahu nggak?? Nanti dapet hadiah loh…??? Hee…. Coba kita bayangkan bersama. Ada segelas cangkir yang kosong, kemudian ada satu teko penuh dengan kopi susu. Lalu, kita ingin memasukkan kopi susu tersebut ke dalam cangkir yang kosong itu. Kalau kita tutup cangkir yang kosong itu dengan kertas atau plastik, maka percayalah bahwa kopi susu tersebut tidak akan pernah masuk ke dalam cangkir yang kosong itu. Namun, kalau kita buka kertas dan plastik tadi, niscaya cangkir yang kosong itu akan cepat terisi penuh. Begitu juga dalam menuntut ilmu, kalau kitakurang mau mendengar ilmu yang disampaikan karena mungkin kita sudah tahu ilmu tersebut, maka percayalah kita akan sangat sulit menerima ilmu yang diajarkan tersebut. Tetapi kalau kita dengan penuh perhatian mendengarkan apa yang disampaikan, maka percayalah kita akan mudah menerima ilmu yang disampaikan tersebut (walaupun hanya 5 %, haha…).

4. Diam adalah perbuatan baik

Lho kok bisa..??? kenapa hayo??? Ada yang tahu ngga??? Hmm… ya sudah deh, langsung saya kasih tahu aja yah. Pada umumnya kalau kita berbicara, maka kesempatan untuk berbuat dosa akan lebih besar. Entah itu berkata yang tidak benar, membicarakan saudara sendiri, membicarakan yang dapat menyakiti hati orang yang mendengarnya, pokoknya sering banget deh kita mendapatkan dosa karena mulut kita (waaupun kita tidak menyadarinya). Nah, kalau kita diam. Berarti kita kan telah berbuat baik yuh. Yang pertama, kita telah berbuat baik kepada diri kita sendiri dari perbuatan dosa. Yang kedua, kita berbuat baik sudah tidak menyakiti saudara kita sendiri. Dan yang ketiga, kita juga berbuat baik kepada malaikat lho..!! kok bisa..?? haha… kalau kita diam, berarti kita kan memberi kesempatan kepada malaikat rokib dan atid untuk beristirahat, karena tidak mencatat amal kita dulu..hehe, sok tahu yah..??? maaf – maaf deh….

Setelah membaca ini, pasti banyak yang setuju dan ada juga yang tidak setuju karena tidak selamnya diam itu baik. Yah memang benar, hal yang demikian itu. Namun, saya percaya bahwa berbicara seperlunya saja akan lebih sering memberikan manfaat.

donwload lengkap Manfaat Diam, Klik disini..!!!

Iklan