Post by : Arya Widura Ritonga, SP.

Berkunjung ke Taman Akuarium Air Tawar

Taman Akuarium Air Tawar

Taman Akuarium Air Tawar

Hari Sabtu, tanggal 22 Januari 2011 tepatnya. Saya dan pacar saya Yusnita Sari pergi bertamasya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kami sangat senang, karena kami menemukan banyak hal di sana, mulai dari berbagai macam permainan, berbagai macam rumah adat di Indonesia, sampai berbagai museum yang jumlahnya sangat banyak. Salah satu objek yang sangat  menarik perhatian kami adalah Taman Akuarium  Air Tawar.

Taman Akuarium  Air Tawar ini merupakan taman akuarium  yang memiliki tema tentang “Indonesia dan Dunia Air Tawar”. Taman ini diresmikan pada tanggal 20 April 1994.  Taman ini memiliki luas 5500 m2 dan di dalamnya terdapat sekitar 126 spesies yang terdiri dari 6000 biota air tawar, maka tidak heran taman akuarium ini menjadi taman biota air tawar terbesar dan terlengkap ke dua di dunia dan pertama di Asia. Taman akuarium ini dilengkapi museum, perpustakaan, akuarium nusantara, pojok reptilia, lorong karantina, dan ruang karantina.

Kami memiliki beberapa objek yang menjadi favorit  di sini. Pertama, adalah koleksi ikan Arwana. Akuarium ini memiliki banyak koloksi ikan arwana, dari yang berwarna silver, kuning, merah, sampai yang berwarna hitam. Objek yang menarik berikutnya adalah ikan Piranha. Di akuarium ini, kami dapat melihat secara langsung ikan piranha yang berasal dari sungai Amazon ini. Dan yang lebih hebat lagi, kami dapat melihat secara langsung bagaimana si ikan ganas ini memangsa korbannya, karena di dalam akurium ikan piranha ini digantungkan kan juga ikan yang akan dijadikan mangsa oleh si ikan piranha. Wah, pokoknya seru deh….

Objek lain yang menarik perhatian kami di taman akuarium ini adalah belut listrik. Belut listrik memiliki tubuh yang cukup besar, kira – kira 2 sampai tiga meter panjangnya. Pada objek ini, diletakkan lampu diatas akuariumnya yang akan menyala ketika sang belut mulai mengeluarkan listriknya. Hihi… bagaimana rasanya yah kalau kita tersetrum oleh belut listrik ini…???

Objek berikutnya adalah taman yang berada di dalam taman akuarium ini. Di taman ini kami dapat berfoto – foto karena bentuk taman ini yang cukup unik. Taman ini dilengkapi dengan air terjun kecil, jembatan kayu, sampai gua buatan, sehingga taman ini sangat terlihat alami. Dan objek yang paling menarik di taman akuarium ini adalah koleksi biota – biota air tawar yang unik, seperti kura – kura buaya yang mulutnya selalu menganga, sampai ada juga ika berkepala dua seperti bayi kembar siam.

Sungguh sangat menyenangkan sekali kami berdua dapat mengunjungi Taman Akuarium Air Tawar ini. Tempat ini sungguh merupakan salah satu tempat yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi. Karena, selain dapat dijadikan tempat refresing juga karena dapat dijadikan tempat pendidikan, khususnya pendidikan mengenai berbagai macam biota air tawar. Oleh sebab itu, jangan lupa yah untuk mengajak kakak, adik, anak, dan saudara – saudara anda untuk berkunjung ke Taman Akuarium Air Tawar di Taman Mini Indonesia Indah yah…..!!!! oh iya, harga tiketnya pun relatif murah, yaitu hanya Rp 15.000,00 per orang dengan bonus kita juga dapat mengunjungi musium serangga. Tuh kan,… apa lagi coba..!!! hehe…

Museum_Ikan_Air_Tawar_TMII