Oleh Arya Widura Ritonga


Kebun Tanaman Obat Sari Alam

Kebun tanaman obat sari alam yang terletak di ciwideuy Bandung Selatan selain terdapat pamandangan alam pegunungan yang menyejukan hati juga memiliki 600 jenis tenaman obat yang mempunyai khasiat yang berbeda-beda dinilai sangat menarik untuk dijadikan salah satu tujuan berlibur.

Kebun tanaman obat sari alam (KTO Sari Alam) terletak di kecamatan ciwideuy daerah Bandung Selatan. Kebun tersebut dapat dicapai dengan menggunakan bus umum dari terminal Leuwi Panjang. Setelah perjalanan selama setengah sampai satu jam kita kita akan disebuah SPBU yang kemudian kalau kita berjalan sedikit kita akan sampai di sekretariat KTO Sari Alam. Namun, untuk mencapai kebun tanaman obatnya, kita masih harus berjalan kaki selama setengah sampai satu jam. Perjalanan yang kita lalui akan cukup berat karena perjalanan yang dilewati akan terus menanjak. Namun semua kelelahan yang kita rasakan akan terobati oleh pemandangan indah yang menemani kita selama perjalanan menuju kebun obat tersebut. Setelah sampai dikebun obat tersebut, kita akan disuguhi beberapa saung yang teduh dan nyaman sebagai tempat peristirahatan setelah sampai di kebun obat. Sebaiknya kita mengistirahatkan sebentar tubuh kita setelah lelah melakukan perjalanan yang mengasyikan.

Di kebun tersebut kita dapat melihat  banyak sekali tanaman. Tanaman – tanaman yang ada ditempat ini adalah jenis tanaman obat yang masing-masing memiliki berbagai macam khasiat yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringa seperti flu sampai penyakit yang kronis seperti kangker. Terdapat kurang lebih 600 tanaman obat di tempat ini. Tanaman-tanaman ini di dapat dari berbagai tempat baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Mereka sengaja dikumpulkan untuk menambah sumberdaya hayati yang ada di tempat ini.

Di kebun obat sari alam kita dapat mengetahui dan mengenal berbagai macam tanaman obat  beserta manfaatnya. Kita dapat melihat tanaman binahong yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker rahim. Selai itu, masih banyak tanaman lainnya seperti artemisia untuk mengobati penyakit malaria, sambiloto untuk mengobati penyakit diabetes, dan masih banyak tanaman lainnya. Selain dapat mengetahui dan mengenal berbagai macamm tanaman obat dan manfaatnta, di tempat ini kita pun bisa berkonsultasi mengenai berbagai macam penyakit dan cara penyembuhannya. Kita dapat berkonsultasi langsung dengan ketua asosiasi pengobat tradisional indonesia. kita akan dijelaskan dari mulai bagaimana penyakit kita bisa muncul sampai tanaman apa saja yang harus dikonsumsi untuk mengobati kita.