Saat saya masih kecil dan bebas,
dan imajinasi saya tidak ada batasnya,
saya bermimpi untuk mengubah dunia;

Ketika saya semakin besar dan bijaksana,
saya pun sadar bahwa dunia tidak dapat dirubah;

dan saya putuskan untuk sedikit mengurangi impian saya hanya untuk mengubah negara saya,
namun tampaknya itu pun tak mungkin;

ketika saya memasuki usia senja,
dalam suatu upaya terakhir,
saya berusaha mengubah keluarga saya sendiri,
tetapi sayang mereka tidak menggubrisnya;

dan sekarang menjelang ajal,
saya sadar (mungkin untuk pertama kalinya)
bahwa kalau saja saya mengubah diri saya sendiri terlebih dahulu,
lalu dengan teladan mungkin saya dapat mempengaruhi keluarga saya,
dan dengan dorongan serta dukungan mereka,
mungkin saya dapat membuat negara saya menjadi lebih baik,
dan siapa tahu mungkin saya dapat mengubah dunia

Bogor, 25 September 2011
Sumber : The Seven Habits Of Highly Effective Teens (Sean Covey, 2001)