Ciri-Ciri Bunga yang Siap Dijadikan Tetua Betina pada Persilangan Tomat

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan pada persilangan tomat adalah pemilihan bunga untuk tetua betina. Bunga yang terlalu muda menyebabkan stigma masih belum reseptif, sehingga menyebabkan fertilisasi tidak terjadi. Bunga yang sudah terlalu matang menyebabkan bunga sudah terserbuki oleh polen bunga tersebut (selfing). Hal ini menyebabkan pentingnya memilih bunga tomat pada fase yang tepat untuk dijadikan tetua betina. Berikut ini akan disampaikan ciri – ciri bunga tomat yang siap dijadikan tetua betina pada persilangan tomat:
1. Mahkota bunga sudah sedikit membuka.
Bunga tomat yang mahkotanya sudah sedikit membuka umumnya sudah siap diserbuki dan kotak anther masih belum pecah. Namun, apabila mahkotanya belum terbuka, umumnya stigma masih belum reseptif dan baru reseptif sore hari atau besok paginya. Bunga yang mahkotanya sudah membuka sempurna sebenarnya sudah sangat siap untuk diserbuki, namun dikhawatirkan kotak anthernya sudah pecah dan telah terjadi selfing.
2. Anther masih berwarna kuning kehijauan.
Anther yang sudah berwarna kuning namun masih agak kehijauan umumnya kotak anthernya belum pecah, bahkan polennya pun masih berbentuk cair (belum matang), namun stigmanya sudah siap diserbuki. Sedangkan bunga yang kotak anthernya sudah berwarna kuning, umumnya kotak anthernya sudah pecah dan polennya sudah menyerbuki stigma bunga.