Download dengan gambar klik disini

Saat saya menulis tesis syarat kelulusan beberapa hari lalu, saya sedikit mengalami kesulitan karena format penulisan yang baru. Salah satu format yang berubah adalah pencetakan tesis harus dalam bolak-balik. Mungkin sekilas, terdengar biasa saja yaitu kita hanya mengatur pada saat mau melakukan printing saja. Namun, ternyata tidak semudah itu. Karena kita juga harus mengatur nomor halaman dan margin halaman. Karena akan berbeda nomor halaman dan margin halaman antara halaman genap dan ganjil. Berikut adalah tips untuk mengatur nomor halaman dan margin halaman untuk halaman genap dan ganjil.
Mengatur nomor halaman genap-ganjil pada Tesis atau skripsi yang dicetak bolak-balik.
1. Klik 2 kal pada bagian header atau footer sampai muncul pengaturan header footer
2. Pilih design, lalu ceklist different odd & even pages
3. Letakkan kursor di halaman ganjil (contoh halaman pertama), lalu pilih design, pilih page number, lalu atur pilih pengaturan nomor halaman untuk halaman ganjil (pada tulisan ini, nomor halaman ganjil diletakan pada pojok kanan atas)
4. Maka setiap nomor setiap halaman ganjil akan berada di sebelah pojok kanan atas
5. Setelah mengatur nomor halaman ganjil, maka dilanjutkan dengan mengatur nomor halaman genap
6. Letakkan kursor mouse pada halaman genap (contoh halaman kedua)
7. Kemudian hampir sama seperti pada saat anda mengatur nomor halaman ganjil. Pilih design, pilih page number, lalu atur pilih pengaturan nomor halaman untuk halaman genap (pada tulisan ini, nomor halaman genap diletakan pada pojok kiri atas)

8. Maka sekarang nomor halaman ganjil artikel anda akan ada pada pojok kanan atas dan nomor halaman genap anda akan berada pada pojok kiri atas

Setlah mengatur nomor halaman, maka kita lanjutkan dengan mengatur margin halaman genap dan ganjil artikel anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.
Mengatur margin halaman genap dan ganjil pada tesis yang di print bolak-balik
1. Blok artikel anda dengan menekan ctrl A
2. Kemudian pilik page layout, lalu klik page setup.
3. Maka akan keluar tabel pengaturan margin halaman (page setup)
4. Pada bagian margin, pilih multiple margin, dan pilih yang mirror margin
5. Setelah dipilih mirror margin, maka pilihan pada margin akan berubah. Yang tadinya top, left, bottom, dan right menjadi top, inside, bottom, dan outside. Inside digunakan untuk mengatur bagian halaman yang mengarah ke dalam (umumnya lebih besar dibandingkan outside nya), sedangkan outside digunakan untuk mengatur bagian halaman yang mengarah keluar.
6. Kemudian atur margin sesuai keperluar. Kalau di almamater saya biasanya menggunakan 4:3:3:3 untuk kanan:atas:kiri:bawah. Oleh karena itu sekarang saya rubah menjasi 4:3:3:3 untuk inside:atas:outside:bawah. Setelah itu klik OK
7. Maka sekarang margin halaman anda sudah sangat rapih sekali untuk di print bolak-balik

Nah, sekarang tidak sulit lagi kan untuk mengeprint bolak-balik. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Semoga BERMANFAAT……..