1. Ikhtiar (bekerja) Sebaik-baiknya
Kesuksesan wilayahnya Allah SWT, sedangkan kita wilayah kita sebagai manusia adalah ikhtiar dengan sebaik-baiknya. Jadi dosen, harus dosen yang terbaik. Jadi pejabat, harus pejabat yang baik. Bahkan jadi tukang baso, juga harus yang terbaik ikhtiarnya. Semakin baik ikhtiar kita, maka semakin dekat juga kesuksesasan kita.
2. Doa
Saya yakin, tidak ada satupun kesuksessan 100% berasal dari ikhtiar atau kerja keras kita. Pada setiap kesuksessan, pasti ada doa yang menyertainya. Doa diri kita sendiri atau bahkan doa orang tua kita. Ya benar, orang tua kita pasti sellalu berdoa agar anak-anaknya menjadi orang yang sukses di kemudian hari kelak. Selain itu, juga masih ada doa dari suami atau istri kita, adik kita, teman kita, dan orang-orang lainnya yang mencintai kita. Oleh karena itu, maka tebarkanlah kebaikan dimana saja kita berada agar doa-doa mereka selalu menyertai kita.
3. Bersyukur
Jika kesuksesan telah kita raih, maka hendaknya kita bersyukur. Karena dengan bersyukur, maka janji Allah akan menambah nikmat kita. Dengan bersyukur, kita juga akan belajar menjadi menjadi rendah hati dan tidak sombong. Kesombongan, dipercaya atau tidak akan dekat sekali dengan kehancuran. Hal ini sudah banyak diceritakan dalam Al-Quran pada umat-umat terdahulu.
4. Bersabar
Jika kesuksesan belum dating pada kita, maka hendaknya kita bersabar. Perlu kita ketahui, bahwa kenikmatan yang Allah berikan tidak selalu harus diberikan langsung kepada kita. Sebagai contoh, ketika saya gagal mendapat beasiswa walaupun sudah berusaha keras dan berdoa dengan sungguh-sungguh saya sempat merasa kecewa pada Allah SWT karena saya sangat membutuhkan beasiswa tersebut untuk melanjutkan pendidikan saya. Namun, sekita itu pula saya merasa sangat malu kepada Allah SWT karena ternyatapada saat minggu yang sama orang tua saya mendapatkan kenaikan gaji hingga 150% dan adik saya mendapat beasiswa. Saat itu, saya berfikir bahwa Allah membalas ikhtiar dan doa saya lewat orang tua dan adik saya. Dan perlu diingat pula bahwa kegagalan akan menjadi GURU yang TERBAIK jika kita hadapi dengan sabar dan ikhlas.

Semoga artikel bermanfaat untuk kita semua….!!!